photo 00b32bbeda6f4a26ab5b4d2d03f7d9e4_zpsa0598be6.jpg
Home » » Pengantar Bid. Pendidikan Dewan Da'wah tentang Pendirian ADI

Pengantar Bid. Pendidikan Dewan Da'wah tentang Pendirian ADI

Written By ADI LAMPUNG on Kamis, 15 Mei 2014 | 19.27

PENGANTAR
KETUA BIDANG PENDIDIKAN DEWAN DA’WAH

Pada dasarnya, berbicara tentang problematika bangsa Indonesia adalah berbicara tentang ummat Islam itu sendiri. Ummat Islam adalah penduduk mayoritas yang tidak mungkin bisa untuk dipisahkan dari keberadaannya sebagai komponen paling penting dari bangsa Indonesia. Berbagai bentuk persoalan kebangsaan yang tengah kita hadapi bersama saat ini, sesungguhnya juga merupakan persoalan ummat Islam. Bahkan kondisi baik dan buruknya bangsa ini, sangat mencerminkan baik dan buruknya kondisi kaum muslimin.
Diantara persoalan keummatan yang mendesak untuk mendapatkan jawaban dan solusi dari ummat ini adalah lemahnya penyebaran dan pemerataan da’wah Islam di Nusantara. Keberadaan kaum muslimin sebagai penganut agama terbesar di Indonesia sama-sama kita rasakan belum mampu mengimplementasikan ajaran dan nilai-nilai keislaman secara kaffah. Besarnya jumlah penduduk muslim belum seimbang dengan besarnya jumlah ummat yang benar-benar memahami, mempraktekkan, serta menda’wahkan ajaran Islam dengan benar. Oleh karenanya kejahiliyahan modern serta kebodohan terstruktur masih menjadi pekerjaanrumahbesar ummat ini.
Sebagai sebuah upaya untuk menjawab problematika di atas, Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia telah mengambil kebijakan berupa pengembangkan program pendidikan da’wah bagi para calon-calon da’i seluruh wilayah di Nusantara dalam sebuah program pendidikan yang khas. Kekhasan pendidikan da’wah disini, tercermin dari orientasi pendidikan yang mengarah kepada penguatan integritas sebagai da’i ilallah, penguatan ulumuddin dan ulumud da’wah, serta penguatan skil da’wah untuk pengembangan masyarakat Islam. Dengan demikian, diharapkan secara bertahap namun pasti, program ini insya Allah dapat mengatasi serta memberikan jawaban atas problematika keummatan yang kenyataannya terus bergulir dan tak kenal henti.
Dalam memikul amanah yang mulia ini, Bidang Pendidikan Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia tidak lupa pula mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap pihak, baik personal maupun kelembagaan yang turut serta menjalankan dan mengembangkan program ini dengan penuh keseriusan dan ketulusan. Semoga amal mulia tersebut, benar-benar mendapatkan ganjaran yang besar di sisi Allah .
Ucapan terimakasih secara khusus juga kami sampaikan kepada Tim Perumus Pedoman Akademi Da`wah Indonesia Islamiyah Indonesia yang terdiri dari pimpinan dan staf Bidang Pendidikan Dewan Da’wah serta rekan-rekan pimpinan STID Mohammad Natsir. Atas buah fikiran dan waktu yang diberikan, semoga dapat menjadi amal jariyah yang senantiasa mengalir di sisi-Nya.
Selain itu, demi kelangsungan program ini pula, kami mengharapkan masukan, saran, serta kritik membangun yang pada akhirnya akan menjadi kebaikan untuk ummat. Semoga Allah  senantiasa memberikan taufiq dan hidayahnya kepada kita semua. Amin

Jakarta, 28 Shafar 1435 H/31 Desember 2013
Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia,
 



Dr. Mohammad Noer

Ketua Bidang Pendidikan
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ADI LAMPUNG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger