photo 00b32bbeda6f4a26ab5b4d2d03f7d9e4_zpsa0598be6.jpg
Home » » Tujuan Dan Tantangan Di ADI Lampung

Tujuan Dan Tantangan Di ADI Lampung

Written By ADI LAMPUNG on Jumat, 09 Mei 2014 | 19.37

Oleh:          Muhammad ArRayyan
Dalam menggapai suatu tujuan dalam hidup, tidak semuanya mudah. Pastinya ada suatu proses yang mengiringi penggapaian tujuan tersebut. Sebuah proses tentunya tidak semua berjalan cepat dengan tuntas. Pasti berjalan sedikit demi sedikit, perlahan hingga berhasil menguasai tujuan itu.
Hal ini telah saya alami sendiri selama mengarungi kehidupan berilmu di akademi Da’wah Indonesia ini.  Disini saya banyak mengalami hambatan demi hambatan pada mulanya. Karena bertolak belakang darin apa yang disampaikan oleh ust Ridho dan latar belakang saya yang bisa dibilang penuh dengan kemaksiatan. Ustadz Ridho menawarkan kepada saya untuk melanjutkan kuliah ke ADI.  Berulang-ulang saya menanyakan apakah itu pondok? Beliau pun menjawab bukan, ini kampus dengan jurusan da’wah. Bukan pondok. Tujuan saya menanyakan hal itu adalah karena pada waktu itu saya sudah merasa bosan terkekang didalam pondok pesantren selama 6 tahun. Beserta dengan segenap peraturan yang berbuah ketertiban dan kedisiplinan.
Tahapan demi tahapan yang dinamakan dengan sebuah proses itu pun saya lalui secara perlahan. hingga Allah memberikan secercah hidayah kepada saya agar mematahkan pikiran-pikiran saya yang menyuruh untuk menyerah dan enyah dari sini. Allah membuka pikiran saya agar bertekad dan meyakini bahwa da’wah adalah sebuah keutamaan bagi setiap Muslim. Maka saya pun mulai meninggalkan segala kemaksiatan seperti pacaran, mendengarkan music dan penyakit-penyakit perusak moral seorang pemuda.  Saya mulai menyukai dan bersemangat mempelajari ilmu-ilmu Islam, hal-hal baru, wawasan-wawasan baru dalam Islam, Belajar bahasa Arab lebih dalam, menghafal Alquran dan sebagainya. Itu semua saya alami dalam proses saya selama satu tahun.
Memasuki  tahun kedua, ada hal-hal yang menjadi hambatan buat saya yaitu  dalam hal belajar bahasa arab. Secara pribadi saya merasa tidak semangat lagikarenasystem mengajar yang berbeda dan mulai kendor. Karena guru yang bersangkutan merasa bahwa kami semua belum siap untuk melanjutkan ketahap berikutnya. Beliau tidak menekankan kami dan seluruh mahasiswa agar menghapal kosa kata sebagaimana guru yang lalu sangat menekankan bahkan memaksa agar menghafal seluruh kosakata bahasa Arab tersebut. Alangkah terkajutnya saya ketika mengetahuio bahwa anak-anak semester satu dengan sekejap telah mengkhatamkan buku tahap 1. Padahal mereka dalam hal dasar seperti menghitung pun tidak bisa. bagaimana mau menjadikan “berbahasa Arab pasif/aktif” sebuah visi/misi yang tertera dalam brosur yang telah beredar?
Kemudian ada hambatan kecil yang membuat saya kaget yaitu peraturan yang tiba-tiba berubah seolah-olah telah menjadikan ADI yang kami meyakini bahwa ini adalah dulunya sebuah kampus layaknya kampus-kampus lainya, menjadi sebuah pondok pesantren. Memang ini adah suatu kebijakan yang sangat baik dan sangat bermanfaat bagi kita semua. Akan tetapi jika terlalu ditekankan maka hasilnya akan tidak seperti yang diharapkan.
 Saya juga menghargai dan menghormati  musyrif dan mudir. Dan peraturan-peraturan baru yang mulai bermunculan karena situasidan kondisi yang mengharuskan diadakannya sebuah peraturan tersebut. Dan saya siap menjalani segala peraturan yang diberikan, dan siap menerima sanksi  jika yang saya lakukan adalah pelanggaran. Jika saya complain bahkan protes,hingga menghina-hina mudir atau musyrif, berarti saya belum sadar siapa saya disini dan saya tidak menghormati dan menghargai.
Ini semua adalah suatu proses menuju suatu pencapaian tujuan satu, yaitu menjadi Da’I ilallah, menjadi orang yang berguna bagi orang lain, menjadi kebanggaan orang tuadan tentunya meraih Rahmat Allah dengan ketaqwaan dan menggapai kenikmatan surge-Nya kelak di akhirat.

Mungkin demikian yang bisa saya paparkan, harap dimaklumi karena saya , pemikiran saya , masih sangat terbatas dan masih perlu bimbingan lebih dalam lagi. Mohonn maafsebesar-besarnya atas ketidak sesuaian kata-kata saya dalam pemaparan tersebut. Semoga segala tujuan ini berada dalam izin dan keberkahan Allah l .
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ADI LAMPUNG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger