photo 00b32bbeda6f4a26ab5b4d2d03f7d9e4_zpsa0598be6.jpg
Home » » Sambutan Ketua umum Dewan Da'wah atas Pendirian ADI

Sambutan Ketua umum Dewan Da'wah atas Pendirian ADI

Written By ADI LAMPUNG on Kamis, 15 Mei 2014 | 19.23


SAMBUTAN
KETUA UMUM DEWAN DA’WAH ISLAMIYAH INDONESIA
Profesi sebagai da’i merupakan sebaik-baik profesi. Tidak ada profesi yang lebih baik dibandingkan dengan profesi sebagai da’i. Allah  berfirman :
وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلا مِمَّنْ دَعَا إِلَى اللَّهِ وَعَمِلَ صَالِحًا وَقَالَ إِنَّنِي مِنَ الْمُسْلِمِينَ
“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang sholih dan berkata: “Sesungguhnya aku termasuk orang yang berserah diri”. (QS. Fushshilat: 33)
DR. Mohammad Natsir pernah mengatakan bahwa da’wah adalah suatu amal yang lahir karena dorongan dari dalam (karena didorong oleh iman), makna lainnya da’wah itu tidak boleh karena tarikan dari luar. Dalam proses da’wah, komponenterpentingdarisemuakomponenda’wahadalah “Dai”.
Bertolakdariuraian di atas, makadiperlukanparada’i yang memilikikualifikasi:
1.    Memilikikeyakinan yang dapatmelahirkankeikhlasan, memilikikeikhlasan yang dapatmelahirkansikapistiqamahdalammenghadapiberbagaiujiandancobaandalamhidupini.
2.    MemahamidanmengamalkansyariahislamiyahsebagaimanaRasulullahdanparasahabatmemahamidanmengamalkannya, sehinggamampumewujudkan Islam yang rahmatanlil ‘âlamîndalamhidupdankehidupannya.
3.    Memilikisemangat yang tinggiuntukmenda’wahkan Islam, sebagaimanaRasulullahdanparasahabatmenda’wahkannya. Sehinggaummatmerasaterbimbingdanterarahkanmelaluida’wahnyaituuntukmenjadimuslimdanmuslimat yang ta’atdanistiqamah.
4.    Memilikisemangatyang tinggiuntukmembela Islam, sebagaimanaRasulullah danparasahabatmembelanya, sehinggaupayadanusahadari orang yang inginmerusakdanmenghancurkan Islam, darisisimanapun, bisaditangkaldenganbaik.
Untukmenghasilkanda’idengankualifikasiseperti diatas, diperlukan proses pendidikan yang panjangdanbertahapbagiparacalonda’iitu. KarenaitulahDewanDa’wahmembuatsatu program untukmendirikanAkademiDa’wahIndonesia bagiparacalonda’i.
AkademiDa’wah Indonesia inidiharapkandapatberdiri di setiapDewanDa’wah Daerah, sehinggakaderisasida’i di daerahtersebutdapatterusberjalan.NamundemikianAkademiDa’wah Indonesia iniharussejalandenganSekolah Tinggi Ilmu Da’wah (STID) Mohammad Natsir.KarenaituAkademiDa’wah Indonesia inikitajadikansebagaisalahsatu program BidangPendidikanDewanDa’wahPusat.
MakasayasangatberbahagiadenganselesainyapenyusunanPedomanAkademiDa’wah Indonesia DewanDa’wahIslamiyah Indonesia ini.SemogadenganPedomaninidapatmemudahanpendirianAkademiDa’wah Indonesia di daerahdanketerkaitanAkademiDa’wah Indonesia denganDewanDa’wahPusatdapatberjalanbaik.UcapanterimakasihsayasampaikankepadatimpenyusunPedomanAkademiDa’wah Indonesia ini. Semoga Allah memberikanpahala yang setimpal.

Jakarta, 28 Shafar 1435 H/31 Desember 2013
Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia,

KH. SyuhadaBahri

KetuaUmum
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ADI LAMPUNG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger